BANDA NEIRA SURGA TERSEMBUNYI DARI MALUKU

Banda Neira Surga Tersembunyi Dari Maluku 


Visit Wisata ID | Banda Neira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda atau tepatnya berada di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia yang memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan. Selain berwisata sejarah, Kamu juga bisa berwisata alam dan bahari di pulau ini. 

Banda Neira Surga Tersembunyi Dari Maluku

Supaya kamu nggak bingung, Nich Reygina Wisata Indonesia kasih info apa saja yang kamu bisa lakukan di Banda Neira sebagai salah satu Surga Tersembunyi Dari Maluku.

Banda Neira sangat lekat dengan nuansa kota tua karena hingga pertengahan abad ke-19 wilayah ini menjadi pusat perdagangan rempah-rempah para saudagar melakukan jual beli pala dan fuli yang saat itu merupakan komoditi paling banyak dicari di Kepulauan Bandadan menjadi asal sumber rempah-rempah di Indonesia.

Begitu menginjakan kaki ditanah penuh sejarah ini, Nuansa bangunan kolonial begitu terasa. Berkunjung ke Banda Meira ibaratkan sedang memasuki mesin waktu. Kamu diajak untuk kembali pada era kekuasaan VOC. 

Di Banda Neira kamu bisa mengunijungi Istana Mini Meira yang dibangun oleh VOC, Bangunan ini terlihat sangat indah dengan arsitektur khas Eropa dan menjadi satu-satunya bangunan terbesar di wilayah ini saat itu. 

Selain Istana Mini Neira, Kamu juga dapat mengunjungi Benteng Belgica yang dibangun oleh Jenderal VOC Piether Both sebagai tempat pertahanan serta Benteng Nassau yang dibangun oleh Portugis pada tahun 1529.

Banda Neira Surga Tersembunyi Dari Maluku


Selain berwisata sejarah, Kamu juga berwisata alam dan bahari dengan pesona alamnya yang indah bagaikan surga. Perairan di Banda Neira bagaikan surga tersembunyi yang sangat sayng untuk Kamu lewatkan. Alam bawah laut Banda Neira menyimpan kekayaan biota laut yang sangat menakjubkan. Titilk penyelaman di Banda Neira merupakan surga bagi mereka yang memiliki hobi menyelam. Setidaknya di Banda Neira terdapat 22 titik penyelaman untuk kamu telusuri seperti di Tanjung Barat Pulau Pisang, Selamo Village (Pulau Banda Besar), Tanjung Burang (Pulau Banda Besar), Batu Kapal, Mandarin City (Jetty Reef) dan Pasir Putih (Lighthouse Pulau Neira).

Selain diving, Kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati indahnya terumbu karang dengan berbagai bentuk dan spesies. Setidaknya di Perairan Banda Neira terdapat 350 jenis biota laut  seperti ikan, kerang purba, rumput laut, moluska, gurita, udang, kepiting, penyu dan terumbu karang.

Kegiatan yang dapat kamu lakukan di Banda Neira.

Setelah tiba Di Banda Neira, Kegiatan yang dapat kamu sambangi adalah antara lain :

Rumah Budaya Banda Neira

Rumah Budaya

Rumah Budaya ini terletak di Jalan Gereja Tua. Mansion ini dulumya merupakan milik pejabat Belanda. Kini rumah ini beralih fungsi menjadi museum yang banyak menyimpan peninggalan sejarah seperti meriam, mata uang kuno, peta kuno, helm kuno, lukisan serta diorama sejarah Banda.

Istana Mini Neira

Istana Mini Neira

Istana Mini Neira pada awalnya merupakan tempat tinggal Gubernur Jenderal Belanda, Ukuran istana ini tidak terlalu besar, Di depan istana terdapat meriam sisa perang dari masa lalu 

Benteng Nassau dan Benteng Belgica

Benteng Belgica

Benteng Nassau dan Benteng Belgica yang letaknya sangat berdekatan ini dibangun oleh dua bangsa yang berbeda yaitu bangsa Belanda dan bangsa Portugis. Kedua benteng ini hingga tahun 1860 merupakan markas pertahanan militer Belanda. Selain dapat menikmati peninggalan sejarah ini, Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam kota Neira yang sangat asri dan memesona termasuk memandangi gunung api yang berdiri megah.

Gunung Api Banda

Gunung Api Banda

Belumlah lengkap rasanya bila ke Banda Neira tidak mendaki Gunung Api Banda setinggi 670 mdpl ini. Karena dari tempat ini kamu bisa melihat cantiknya lanskap Banda Neira yang sangat luar biasa.  

Selain tempat-tempat sejarah diatas, Kamu juga masih bisa mengunjungi tempat bersejarah lainnya di Banda Neira sepert Rumah Hatta, Rumah Kapten Cole, Gereja Protestan  atau Gereja Elim Tabernakel peninggalan Belanda.   

Diving Di Banda Neira


Kegiatan lainnya yang dapat kamu lakukan di Kepulauan Banda adalah snorkeling dan diving dibeberapa lokasi yang menkajubkan seperti : Tanjung Barat Pulau Pisang, Selamo Village (Pulau Banda Besar), Tanjung Burang (Pulau Banda Besar), Batu Kapal Mandarin City (Jetty Reef), Pasir Putih (Lighthouse Pulau Neira), Light House Reef (Pulau Klaka), Lava Flow I (Old Lava), Lava Flow II, Tanjung Batu Udang (Pulau Ai Selatan), Ragonet, Tanjung Batu Payong (Pulau Ai Barat Laut), Tanung Nailaka (Run Island), Tanjung Lokon (Run Island), Tanjung Noret (Run Island) dan lain sebagainya.

Akses Menuju Ke Banda Neira

Dari kota Kamu, Arahkan penerbangan menuju ke Bandara Pattimura di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia. Setelah sampai di kota Ambon, Arahkan tujuan ke Banda Neira yang biasanya penerbangan akan beroperasi seminggu sekali.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Banda Neira buat kamu yang suka diving dan  snorkeling adalah di Bulan April hingga builan November setiap tahunnya. Karena pada bulan-bulan tersebut cuaca sangat mendukung untuk melakukan aktivitas penyelaman dan snorkeling.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BANDA NEIRA SURGA TERSEMBUNYI DARI MALUKU"

Post a Comment