MENJELAJAHI 10 TEMPAT WISATA MENARIK DI TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU

10 Tempat Wisata Menarik Di Taman nasional Bromo Tengger Semeru


Visit Wisata ID |  Tempat Wisata Menarik Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru selalu memberikan nuansa dan pesona alam yang tiada duanya bagi wisatawan. Di sini banyak sekali spot-spot menarik dan indah yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Taman Nasional Bromo Semeru Tengger. Anda dapat menyaksikan Upacara Yadnya Kasada di Pura Luhur Poten di kaki Gunung Bromo, Kawah Gunung Bromo, Lautan Pasir Gunung Bromo, Singhview dan The Famous Sunrise Di Bukit Pananjakan, Keindahan Air Terjun Madakaripura, Negeri Diatas Awan di Puncak B29 di Kabupaten Lumajang dan banyak lagi spot menarik lainnya yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya.

Tempat Wisata Menarik Di Taman nasional Bromo Tengger Semeru

Apa saja sih  10 Tempat Wisata Menarik Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang dapat Anda jelajahi keindahannya, berikut ulasannya.
 
1. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah sebuah gunung api aktif setinggi 2.329 mdpl di Jawa Timur, Indonesia atau tepatnya berada di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung ini terlihat sangat indah dan menawan karena bentuknya yang saling berkaitan antara lembah dan ngarai dengan kaldera lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo, selain dipercaya sebagai Gunung Suci oleh Suku Tengger yang setiap setahun sekali mengadakan Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo. Upacara ini bertempat disebuah pura yang bernama Pura Luhur Poten yang berada dikaki Gunung Bromo selain itu  Anda juga dapat menikmati keindahan Sunrise (Sighview) serta lautan pasir diudara yang sangat  dingin.

2. Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo adalah salah satu Tempat Wisata Menarik Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang wajib untuk Anda kunjungi. Kawah ini memiliki garis tengah sekitar 800 meter (utara-selatan) dan 600 meter arah timur-barat. Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 kilometer dari pusat Kawah Bromo.

Untuk dapat mencapai Kawah Bromo, Anda dapat memulainya setelah melihat Matahari Terbit dari Puncak Pamanjakan atau memulainya dari Desa Cemoro Lawang. Dari Puncak Kawah Bromo, Anda dapat menyaksikan fenomena gunung vulkanik yang masih aktif. Dari puncak Kawah Bromo ini juga Anda dapat melihat hamparan lautan pasir yang sangat luas dan melihat Kemegahan Gunung Semeru setinggi 3.676 mdpl.

3. Menyaksikan Matahari Terbit Di Bukit Pananjakan

Bukit Pananjakan Bromo

Pananjakan merupakan gugusan bukit tertinggi yang berada di sisi utara Gunung Bromo yang juga menjadi tempat pantau aktivitas Gunung Bromo. Selain itu Bukit Pemanjakan merupakan tempat yang sangat strategis untuk menyaksikan pesona Keindahan Alam Gunung Bromo "Sighview atau "The Famous Sunrise" .

Untuk menuju Bukit Penanjakan bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan perjuangan dan keberanian karena untuk mencapai tempat ini biasanya dilakukan pada dini hari di jalan yang terjal dan harus melewati lautan pasir. Untuk dapat menyaksikan fenomena alam The Famous Sunrise Gunung Bromo, Anda harus sudah sampai pada pukul 04.00 pagi dan mencari tempat yang strategis agar mendapatkan moment istimewa ini secara maksimal.

Tempat yang sangat menakjubkan, Setelah puas menyaksikan The Famous Sunrise Anda akan disuguhkan dengan "The Sea of Sand" dimana lautan pasir yang sangat luas ini akan terlihat sangat eksotis tatkala ditutupi awan putih yang menyebar dibeberapa bagian  yang seolah-olah kita sedang berada di atas awan. 

4. Lautan Pasir Bromo

Lutan Pasir Bromo

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia dengan keunikannya ang khas jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia. Wilayah ini menjadi satu-satunya tempat konservasi alam di Indonesia yang memiliki keunikan berupa adanya  Lautan Pasir seluas 5.250 hektar.

5. Padang Rumput Savana Bromo

Padang Rumput Savana Bromo

Jika Anda berwisata ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Padang Rumput Savana Bromo. Tempat ini merupakan sebuah taman alam yang terletak di sebelah selatan Gunung Bromo pada sebuah lembah hijau yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan beberapa punggungan gunung kecil.

Padang Rumput Savana Bromo atau disebut juga dengan nama Lembah Jemplang oleh masyarakat Suku Tengger. Di tempat ini Anda dapat menemukan Hamparan Padang Rumput Savana Bromo yang sangat luas dengan bukit-bukit hijau di dalamnya yang akan membuat Anda merasa nyaman dan tenang berada di tempat yang indah ini.

6. Pasir Berbisik Gunung Bromo

Pasir Berbisik Gunung Bromo

Pasir Berbisik adalah salah satu Tempat Wisata Menarik Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru lainnya yang berada disebelah timur Kawah Gunung Bromo di ketinggian 2000 mdpl. Tempat ini dinamakan Pasir Berbisik berkaitan dengan judul sebuah film Pasir Berbisik karya Garin Nugroho yang pembuatan filmya di lokasi ini. Dinamakan Pasir Berbisik karena ditempat ini jika angin sedang bertiup kencang deru angin akan membawa butiran-butiran pasir bagaikan sedang membisikan sesuatu. Suara bisikan tersebut akan terdengar jelas memasuki musim kemarau yang menjadikan padang pasir ini menjadi kering.

Menikmati Pesona Pasir Berbisik Gunung Bromo tidaklah sulit. Jika Anda berada di Bromo, Anda dapat menyewa Jeep Bromo dan meminta supir untuk mengantar Anda ke tempat tersebut. Supaya Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman menarik, lakukanlah pertualangan tersebut pada pagi hari, karena pada waktu ini Anda dapat mengekplore semua semua Objek Wisata Bromo secara maksimal. 


7. Trekking Ke Gunung Semeru

Trekking Ke Gunung Semeru

Gunung Semeru setinggi 3.676 mdpl merupakan Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini banyak diminati oleh wisatawan untuk melakukan pertualangan Trekking Ke Gunung Semeru. Di Gunung Semeru, Anda dapat menyaksikan keanekaragaman flora dan fauna seperti Bunga Edelwis Putih dan berbagai jenis Anggrek Endemik serta hewan Macam Kumbang, Budeng, Luwak, Kijang, Kancil dan Burung Belibis yang hidup secara liar.

Orang pertama yang melakukan Trekking Ke Gunung Semeru adalah Clignet (1838) seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda dari sebelah barat daya lewat Widodaren. Selanjutnya Junhuhn (1945) seorang ahli botani berkebangsaan Belanda dari utara lewat Gunung Ayek-ayek , Gunung Inder-inder dan Gunung Kepolo.

Pada tahun 1911, Van Gogh dan dan Hein lewat lereng utara dan setelah tahun 1945 umumnya Trekking Ke Gunung Semeru dilakukan lewat jalur utara melalui Ranu Pane dan Ranu Kumbolo Seperti sekarang ini yang sering dilakukan oleh para pendaki.

 8. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu Tempat Wisata Menarik di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya. Air Terjun Tertinggi Di Pulau Jawa ini terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Air terjun berbentuk ceruk setinggi 200 meter dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang dapat meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang terjadi hujan yang 3 diantaranya mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Mengunjungi Air Terjun Madakaripura adalah salah satu hal yang harus dilakukan Anda saat berkumjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Provinsi Jawa Timur. 

9. Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung seluas 15 hektar yang terletak di Kabuipaten Lumajan, Provinsi Jawa Timur atau tepatnya trerletak di Pegunungan Tenggerdi kaki Gunung Semeru. 

Selain memiliki panorama alam yang masih asri dan alami serta sangat indah dan memesona, tempat ini juga mejadi tempat peristirahatan para pendaki untuk berangkat menadaki Gunung Semeru.

10. Danau Ranu Pani

Danau Ranu Pani

Danau Desa Ranu Pani adalah salah satu titik berangkat lainnya untuk pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Puncak Semeru. Desa Ranu Pani merupakan desa terakhir sebelum mencapai Puncak Semeru. Desa ini dihuni oleh warga Suku Tengger yang berada pada ketinnggian 2.000 mdpl. Penduduk Desa Ranu Pani sebagai Suku Tengger merupakan keturunan asli masyarakat Jawa yang hidup di era Kerajaan Majapahit. 

Puncak B29 Lumajang

Puncak B29 Lumajang

Selain dapat menyaksikan Fenomena Sunrise dan Sunset yang sangat menakjubkan di Bukit Pananjakkan, Anda juga dapat menyaksikan fenomena alam sunrise dan sunset yang sangat indah bagaikan surga. Tempat Wisata Puncak B29 adalah Tempat Wisata Menarik Di Taman Nasional Bromo Semeru Tengger yang berada pada ketinggian 2.900 mdpl di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia atau berada di sisi tenggara dari Gunung Bromo.

Di Puncak B29, Anda dapat melihat dan menyaksikan panorama alam bagaikan bukit surganya Kabupaten Lumajang. Sunrise dan Sunset menjadi andalan Tempat Wisata Menarik Di Taman Nasional Bromo Semeru Tengger. Di tempat ini Anda akan diajak menuju Negeri Diatas Awan dengan udara yang cukup dingin.

Nah jika Anda ingin mencari tempat kahyangan yang dipenuhi dengan awan, Puncak B29 Di Lumajang adalah tempat yang tepat untuk menggapai impian Anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENJELAJAHI 10 TEMPAT WISATA MENARIK DI TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU"

Post a Comment